BUKAN SEKEDAR HALUSINASI, MOMEN KOPDAR 2 RVL YOGYAKARTA


 

  

       . Banyak orang bilang, seseorang berhalusinasi  itu hampir gila, suka melamun, menghayal yang tidak-tidak.  Halunisasi ini  bisa membuat seseorang melihat, mendengar, meraba, mengecap, atau mencium sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Tulisan ini adalah pengalaman real yang terjadi saat kopdal RVL 2, ayok simak kisahku.

      Ajang silahturahmi, temu kangen kopdar  di grup WA RVL, seluruh penulis yang tersebar dari sabang sampai merauke datang, menyatukan tekat berliterasi, ditempat yang ditentukan untuk berkumpul, berdiskusi, berrefleksi, berbagi ilmu-ilmu baru dalam penulisan puisi, cerpen, pantun dengan bimbingan para guru-guru senior yang super hebat yang telah  melamglah buana dengan buku-buku bercita rasa tinggu.  Kegiatan yang dilakukan selain menimba ilmu dalam menulis, Kopdar RVL 2 juga berkunjung di berbagai tempat bersejarah,  menyalakan semangat juang berliterasi tinggi untuk negeri tercinta.      

     Tanggal 23 Juni 2023, aku berangkat dari station kereta api Gubeng Sancaka bersama anakku Alfin, kereta api berangkat tepat jam 22.00, Aku dan Alfin mendapat kursi  bagian tengah, telah janjian dengan bu Sri, untuk berangkat sama=sama di KIA Sancaka, duduk   bersebelahan dengan bu beliau & suaminya.  Kurang lebih 5 jam perjalanan Surabaya- Yogyakarta, tak terasa kami tertidur dengan lelap  selama perjalanan. Jam terus berputar 03.00 dini hari , kami berempat turun untuk mencari taksi menuju lokasi Kopdar di BBPPMVP Yogyakarta, setelah negoisasi harga, akhirmya si sopir sepakat mengantar menuju  menuju lokasi,  karena suasana masih gelap taksi yang kami tumpangi kesasar. Dan berjalan kembali sampai ditempat tujuan dengan lancar. 1 jam perjalanan akhirnya sampai di BBPPMVP Yogyakarta.  Tepat jam 04.00, langsung chek in kamar, dan beristirahat. Kaamarku tepat di pojok belakang dekat kamar mandi.

    Tanggal 24 Juni 2023 hari sabtu, acara lauching bazar buku di ruang Auditorium yang dilakukan  mulai pagi  jam 06.30, bersamaan dengan pemateri Gol A Gong tentang fiksi mini dan materi biografi oleh pak Eka Budiarta,  disambut dengan tepuk tangan hangat dari seluruh para peserta yang sebagian besar adalah  para penulis hebat. Sampai puncak acara, pembacaan launching buku.  bersama para penulis,  Satu demi satu penulis-penulis yang tergabung dalam RVL (Rumah Virus Literasi). berjalan  ke atas panggung dengan membawa buku. Ini adalah  salah satu acara favorit yang kutunggu-tunggu, aku  berdiri di atas panggung sambil meenunjukkan buku yang telah dibuat bersama oara penulis senior, rekan sesama dari provinsi yang berbeda. Foto bersama saling berdekatan satu dengan yang lain  para penulis, momen yang tak terlupakan, haru biru.

       Senang, bangga berkecamuk di hati, ya Allah aku berdiri ditengah teman-teman penulis yang punya segudang pengalaman, seru banget. Setelah usai aku kembali duduk di kursi depan, sambil terus tersenyum. Hanya berselang 5 menit, mendadak, kepingin ke kamar mandi. Aku berjalan menuju pintu besar, dan kubuka  keluar dari gedung pertemuan,  kamar mandi yang terletak 60  meter  sangat mewah, wangi sekali, ada cermin besar yang terpasang di dinding bercat putih,  Aku berdiri, tersenyum di depan  cermin. Tiba-tiba lampu berkedip dua kali,  alangkah terkejutnya saat melihat pantulan wajah lain yang mengerikan tepat di belakangku, seorang nenek tua, berbaju putih  hendak menerkamku, Aku menutup mata dengan kedua tangan lari ketakutan, sambil berteriak.

                        ‘Tolong, tolong!.

Kulihat dari samping nenek itu melayang, sambiil tertawa melihatku, tiba-tiba menghilang, Wajahku pucat pasi, nafasku terenggah-enggah, keringat dingin bercucuran dari balik kerudungku. ya Alloj ada  apa ini. Aku masih teringat wajah nenek yang mengerikan, masih takut bukab main. Berusaha menarik nafas panjang, tetap tenang seolah tak terjadi apa-apa.  Sengaja tak kuceritakan kejadian itu, bahkan keteman yang dekat dengan kamaru, biar tak jadi heboh. Pengalaman yang  nyata bukan halusinasi biasa.

 

Surabaya, 09 Desember 2023 

       .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SANG PENDOSA

AYAH, MALAIKAT TAK BERSAYAP

IBU, SI PEMBUKA PINTU SURGA