CERPEN HOROR, MENARIK BERKUALITAS DI TAHUN 2023

 

 

Salam literasi sobat di Indonesia,

      Literasi, bentuk kegiatan yang membuka cakrawala ilmu pengetahuan, membawa manfaat yang luar biasa membangun peradaban bangsa, menjadikan orang-orang berliterasi, menjadi berilmu, cerdas, berwawasan luas dan bermental positif ke depan.

      Menulis naskah cerita, ada dua jenis. Mereka adalah cerita fiksi dan non fiksi. Pada tulisan ini, saya mengupas cerita horror, kisah-kisah menakutkan, menebar kekejaman, setan-mahluk astral yang menjadi sekutu-sekutu, orang-orang  berbuat jahat. Cerita horror merupakan halusinasi atau fantasi, rekaan penulis belaka menciptakan alur cerita  yang tidak biasa, di luar nalar/ tak berlogika mengandung nilai-nilai ketakwaan, iman seseorang pada Allah SWT agar selalu berada dijalanNYA.

      Saya Panca Lukitasari, dikalangan penulis mereka menyebut saya ratu horor, karena tulisan saya berkisah kejadian yang berhubungan dengan mahluk astral /setan sejenisnya.Kisah kejahatan seseorang yang melampaui batas karena godaan nafsu setan. Penyesalan yang selalu datang terlambat, menyisakan ratapan kesedihan yang luar biasa. Tulisan-tulisan yang telah saya posting hanya rekaan atau fantasi/ ide yang masuk, sebagian kisah nyata.

     Posting tulisan tang telah banyak,  menjadi kumpulan cerita pendek (Cerpen) melahirkan beberapa buku solo, yang berisi kisah percintaan, horor dan kisah inspirasi yang diangkat dari kehidupan saya. Adapan buku solo saya yang telah terbit adalah:

1. 5 Metode Pembelajaran (2021)

2. Kisah horor penuh teror (2021)

3. Menggapai cita di perempatan lampu merah (2022)

4. Salam Rindu buat mama (2022)

5. Bisikan hati (2022)

6. Kisah horor penuh horor 2  (2022)

Ibarat pisau yang selalu diasah akan semakin tajam, belajar menulis sangat perlu dilakukan agar selalu menjaga kualitas tulisan, kian membaik seiring waktu yang selalu berproses. Yakin proses tak akan menghianati hasil, meski beberapa cibiran datang silih berganti, tapi semangat dan motivasi menulis, tak pernah kendor, malah memacu dan bertekat semakin majukan literasi, guru penulis di Surabaya.

      Proses belajar menulis, tak luput dari para pakar penulis, yang senantiasa mengarahkan, mendidik, membimbing saya agar lancar menulis dengan bahasa baku sesuai EYD (Ejaan yang disempurnakan) dan perhatiuan yang tercurahkan   dari para guru  yang sangat hebat. . Mereka adalah pak Moch Khoiri, pak Mukinin, bu Kanjeng, pak Ngainun serta para senior di Rumah virus literasi (RVL) yang mempunyai segudang prestasi  tak tertandingi ilmu dan pengalaman menulisnya.

Proses menuliskan ide-ide menjadi tulisan yang renyah dibaca oleh para pembaca, melalui editing, reviewing, tak sekali dua kali dilakukan, agar tulisan lebih mudah dipahami isi dan nilai yang terkandung dalam postingan  dengan baik. Editing per-kalimat dalam paragraf, bertujuan untuk menyesuaikan kata/kalimat sesuai dengan gagasan/ ide utama penulis, kesalahan dalam pengetikan, yang mempengaruhi  minat dan nilai dari pembaca.

Melewati hari-hari dengan literasi membaca dan menulis, meningkatkan kualitas menulis horror adalah tujuan yang ingin saya capai saat ini. Menjadi pendidik bagi siswa-siswa di SMPN 31 Surabaya, dan guru penulis, demiu memajukan literasi, meningkatkan peradaban bangsa.

Surabaya 18  Januari  2023 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SANG PENDOSA

AYAH, MALAIKAT TAK BERSAYAP

IBU, SI PEMBUKA PINTU SURGA