LINGKUNGAN SPENTISA SEMAKIN BERSIH, TIM KADER MEMANG LUAR BIASA


 

Salam bumi pasti lestari, SMPN 31 Surabaya luar biasa

 

      Kelola sampah yuk biar lingkungan sekolah tetap bersih dan hijau. Kali ini di SMPN 31 Surabaya ada kegiatan SPAB, (Satuan Pendidikan Aman Bencana) yang diadakan di aula SMPN 31 Surabaya. Kegiatan SPAB  yang  bertujuan untuk membangun budaya siaga dan aman di sekolah, serta untuk membangun ketahanan dalam menghadapi bencana oleh warga sekolah, maka dengan ini Amerta Kasih, yaitu kemitraan antara Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM UNAIR) dengan Wahana Visi Indonesia (WVI),  BPBD kota Surabaya, PMI , PMK Pemadam Kebakaran , Project Manejer yang diketuai oleh Arina Mufida R Santi.

Kegiatan yang dilakukan mulai hari  Selasa – Kamis, tanggal  09 – 11 Mei 2023 selama 3 hari berturut-turut memberi pengarahan kepada wakil kelas 7 & 8, tentang pengarahan, pembinaan  tahap bencana agar sigap dalam kondisi apapun. Pada kegiatan tersebut panitia memberi konsumsi kue, botol minum club, dan makan siang nasi kotak. Para siswa yang fokus pada kegiatan tanggap bencana, dengan agenda diskusi kelompok, tanya-jawab, pembelajaran di lapamgan  dengan inovatif membuat para siswa mengikuti dengan senang.

Sayangnya setelah usaii  kegiatan tersebut, sampah kerdus, botol  dan makanan tercecer dimana-mana, tak sedap di pandang mata, ternyata banyak yang kurang paham akan pentingnya pemilahan sampah. Sampah harusnya di pilah , dan  dibersihkan dan dibuang pada tempatnya  dengan baik, tidak dibiarkan kotor dan berbau busuk mengundang lalat, , harusnya ada kesadaran dan bertanggung jawab melestarikan lingkungan dari sampah.. Untungnya kader Spentisa yang diketuai oleh Reza, Bersama timnya  tanpa dikomando lagi, bergerak membersihkan sampah kerdus, diluar dan dalam ruangan aula. Action memberi contoh untuk siswa lain agar peduli lingkungan  sekitar. Lingkungan bersih dan indah menciptakan rasa nyaman dan damai.

Kegiatan kebersihan ini dimulai dengan  memilah sampah kering dan sampah basah, tak semua siswa mau melakukannya. Tapi tim kader Spentisa melakukannya dengan baik dan tuntas.  Tim kader SMPN 31 , tanpa rasa jijik memilah kerdus makanan dengan telaten dan ceria. Nadin salah satu anggota tim kader dengan cekatan membuang sisa makanan nasi, kue  ke kantong tersendiri dan melipat kardus makanan dan kardus  kue untuk disimpan  di ruang bank sampah dan dijual setelah terkumpul banyak, ke petugas bank sampah. Pemilahan sampah kering dan basah memakan memakan waktu, karena besarnya kapasitas sampah. Dari kegiatan SPAB  tim kader SMPN 31, bisa berhasil mendapatkan 10 kilo kerdus  dan 10 kilo botol club, yang siap dijual , dan hasil perolehan uangnya akan digunakan dalam melestarikan lingkungan sekolah. Kader Spentisa memang hebat, sekolah bangga dengan kalian.

Surabaya, 11 Mei 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SANG PENDOSA

AYAH, MALAIKAT TAK BERSAYAP

IBU, SI PEMBUKA PINTU SURGA