Pelaksanaan Kegiatan PAT Daring Semester genap 2021


 

 

         Hari rabu, tanggal 2 Juni 2021, kegiatan PAT (Penilaian akhir tahunan) dimulai. Penlaian ini di lakukan secara daring, melalui office 365. Para guru penyusun soal masing-masing mapel (mata pelajaran) wajib membuat kartu dan kisi-kisi soal baik soft copy maupun hard copy, yang harus  dikumpulkan  ke panitia PAT. 

         Soal hard copy ini dipakai bagi siswa yang tidak punya Hp, untuk dijadikan  soal offline, para siswa wajib mengambilnya di sekolah. Adapun  soal soft copy ditulis kembali melalui aplikasi google form, dengan jumlah 50 soal. Soal dari google form kemudian dimasukkan  ke  office 365. Aplikasi office 365, otomatis akan muncul tertera sesuai jadwal yang dibuat .

      Memang tidak semua guru mampu memasukkan soal dari google form ke office 365. Tapi sekolah telah mengambil kebijakan, untuk meringankan beban guru  dengan dibantu oleh  tim IT sekolah.

       Untuk bisa mengakses soal di office 365, siswa harus login dulu, dengan memasukkan username dan password yang telah dibagikan wali kelas masing-masing. Kendala pelaksanaan PAT daring ini, kebanyakan terjadi karena siswa, menemui kesulitan waktu login office 365, mereka lupa dengan username dan password yang dimilikinya. Alasan  ganti Hp, atau Hp siswa yang rusak sehingga mereka kesulitan waktu login. Hal ini membuat para siswa, tidak dapat mengakses soal dari aplikasi office 365.

      Untungnya sejak jauh-jauh hari para panitia PAT, memberitahukan  pada para wali kelas 7 & 8 untuk mendata kembali siswa-siswa yang bermasalah pada login masuk ke office 365. Tujuannya untuk memberikan persiapan pada seluruh siswa, agar  mengaktifkan username dan password, dengan menghubungi tim IT sekolah, untuk membantu  menginfokan login username dan password yang benar.

.  Upaya-upaya yang dilakukan panitia PAT ini, sedikit menekan jumlah siswa agar bisa login, tapi tetap saja ada beberapa siswa yang tidak mengerjakan soal PAT daring, membuat para wali kelas menghubungi siswa yang brsangkutan, untuk mengerjakan soal PAT langsung dengan menetapkan jam mulai mengerjakan sampai selesai.

Pelaksanaan kegiatan PAT daring sampai H+5 , Alhamdulilah berjalan dengan lancar. Para siswa yang  kesulitan login office 365, diberikan link tersendiri  oleh wali kelas masing-masing sesuai dengan waktu pelaksanaan PAT yang ditentukan. Pemberian link ini dilakukan melalu SMS japri (jaringan pribadi) ke tiap-tiap siswa yang telah terdata oleh wali kelas.

 

Surabaya, 8 Juni 2021.

Komentar

  1. Wah, keren. Pakai office 365. Kami masih pakai google form. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tak Pak. Kebetulan saya, saya jad ketua PAT jadi tahu banget alur kegiatan PAT. Terima kasih commennya Pak Pardi

      Hapus
  2. Kerja keras selama pandemi ya Bu, smg berdampak positif bagi siswa dan guru. Amin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin amin amin ya Robbal Alamin . Terima kasih bu Mien

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUKAN POCONG BIASA

BAKSO LIUR KUNTILANAK

WEWE GOMBEL