Pelaksanaan Kegiatan PAT Daring Semester genap 2021
Hari rabu, tanggal 2 Juni 2021,
kegiatan PAT (Penilaian akhir tahunan) dimulai. Penlaian ini di lakukan secara
daring, melalui office 365. Para guru penyusun soal masing-masing mapel (mata
pelajaran) wajib membuat kartu dan kisi-kisi soal baik soft copy maupun hard
copy, yang harus dikumpulkan ke panitia PAT.
Soal hard copy ini dipakai bagi siswa
yang tidak punya Hp, untuk dijadikan
soal offline, para siswa wajib mengambilnya di sekolah. Adapun soal soft copy ditulis kembali melalui
aplikasi google form, dengan jumlah 50 soal. Soal dari google form kemudian
dimasukkan ke office 365. Aplikasi office 365, otomatis akan
muncul tertera sesuai jadwal yang dibuat .
Memang tidak semua guru mampu memasukkan
soal dari google form ke office 365. Tapi sekolah telah mengambil kebijakan,
untuk meringankan beban guru dengan
dibantu oleh tim IT sekolah.
Untuk bisa mengakses soal di office 365,
siswa harus login dulu, dengan memasukkan username dan password yang telah
dibagikan wali kelas masing-masing. Kendala pelaksanaan PAT daring ini,
kebanyakan terjadi karena siswa, menemui kesulitan waktu login office 365,
mereka lupa dengan username dan password yang dimilikinya. Alasan ganti Hp, atau Hp siswa yang rusak sehingga
mereka kesulitan waktu login. Hal ini membuat para siswa, tidak dapat mengakses
soal dari aplikasi office 365.
Untungnya sejak jauh-jauh hari para
panitia PAT, memberitahukan pada para
wali kelas 7 & 8 untuk mendata kembali siswa-siswa yang bermasalah pada login
masuk ke office 365. Tujuannya untuk memberikan persiapan pada seluruh siswa,
agar mengaktifkan username dan password,
dengan menghubungi tim IT sekolah, untuk membantu menginfokan login username dan password yang
benar.
. Upaya-upaya yang dilakukan panitia PAT ini,
sedikit menekan jumlah siswa agar bisa login, tapi tetap saja ada beberapa
siswa yang tidak mengerjakan soal PAT daring, membuat para wali kelas
menghubungi siswa yang brsangkutan, untuk mengerjakan soal PAT langsung dengan
menetapkan jam mulai mengerjakan sampai selesai.
Pelaksanaan
kegiatan PAT daring sampai H+5 , Alhamdulilah berjalan dengan lancar. Para
siswa yang kesulitan login office 365,
diberikan link tersendiri oleh wali
kelas masing-masing sesuai dengan waktu pelaksanaan PAT yang ditentukan.
Pemberian link ini dilakukan melalu SMS japri (jaringan pribadi) ke tiap-tiap
siswa yang telah terdata oleh wali kelas.
Surabaya,
8 Juni 2021.
Wah, keren. Pakai office 365. Kami masih pakai google form. Hehe
BalasHapusIya tak Pak. Kebetulan saya, saya jad ketua PAT jadi tahu banget alur kegiatan PAT. Terima kasih commennya Pak Pardi
HapusKerja keras selama pandemi ya Bu, smg berdampak positif bagi siswa dan guru. Amin....
BalasHapusAmin amin amin ya Robbal Alamin . Terima kasih bu Mien
Hapus