Absensi Online


 

 

Masih dalam suasana bulan Ramadhan, Dinas Pendidikan Surabaya menerapkan absensi online per tanggal 3 Mei 2021. Penerapan pra uji coba absensi online, sudah dilakukan pada tanggal 25-30 April lalu, serentak melalui Tim IT masing-masing sekolah. Karena kesalahan absen online tahap uji coba masih dimaklumi dan terkendali dengan kebijakan sekolah.  Abesensi secara online berbasis web dan mobile yang terintegrasi payroll secara real-time. Pengelolaan shift kerja, monitor absensi karyawan hingga hitung cuti, lembur dan gaji, semua di dalam satu aplikasi yang tersedia di web, Android maupun iOS. 

Per-tanggal 3 Mei, jam datang harus sesuai dengan absensi online sekolah yaitu jam 08.00. dan pulang  adalah jam 15.00, disertai foto kegiatan di rekap jurnal. Absensi online ini tidak hanya berlaku pada pegawai ASN saja, tapi seluruh karyawan PTT/GTT, dan pesuruh sekolah. Absensi online, dibuka pada aplikasi SIAGUS  (Sistim Informasi Aplikasi Guru Surabaya). Absensi online bisa beroperasi pada  Iphone, smart phone, Hp Android, yang sebelumnya sudah terekam  indentitas Hp tiap pegawai dan foto selfie yang telah disetujui Dinas Pendidikan Surabaya, sesuai dengan jarak tiap Sekolah Induk masing-masing pegawai. Untuk membuka absensi online, terlebih dahulu membuka  Google Chrome, dan mengklik, SIAGUS, baru memilih menu, absensi online.  

Dalam absensi online ini terdapat informasi hari/ tanggal. Terdapat keterangan Sekolah,  pilihan absen, dan jenis absen, yang wajib diisi sebelum isi absen dan foto. Setelah diisi dengan baik barulah mengambil foto wajah tanpa masker, dan klik  simpan foto. Absensi online akan otomatis menyimpan foto , pada lajur jam datang dan jam pulang. Untuk mengisi absensi online, jam pengambilan foto harus tepat waktu yaitu 08.00, terlambat  1 menit misalanya 08.01, maka dalam absensi online akan tertulis terlambat 1 menit, bila waktu terlambat sering dilakukan,  maka beberapa tunjangan akan hangus dan penuruan 2 pangkat pada pegawai ASN. Keseriusan Dispendik Surabaya patut diacungi jempol dalam menertibkan absen pegawai dengan baik.

Pada pengambilan foto absensi online , jarak foto dari Sekolah Induk, harus benar-benar diperhatikan. Karena tiap akhir bulan, Kepala Sekolah dimintai pertanggung jawaban absensi online untuk seluruh pegawai di Sekolah.

Keampuhan absensi online, mampu mendisiplinkan diri , karena pengaruhnya sangat berdampak pada kelangsungan pekerjaaan dan penghasilan yang akan diperoleh. Mau tidak mau, absensi online harus dilakukan sesuai dengan kebijakan Dinas yang berlaku. Jam datang harus ontime, demikian pula pada waktu jam pulang.   

 Jika sebelumnya menggunakan absensi geotag, menggunakan kamera GPS Map Camera, adalah fitur terbaru yang ditambahkan ke sebagian kamera  posisi setelah pemotretan, dan juga melacak jalur yang diambil dengan kamera pada peta,. Absensi Geotag sering di salah gunakan berkali-kali, pada pegawai yang mangkir ketika jam mengajar berlangsung, atau oknum-oknum tertentu berada di luar kota, dan ini menyalahai aturan Dinas. Absensi Geotag, akan menjelaskan tempat dimana foto diambil.

Marilah menjadi  Pegawat yang taat dalam bekerja, menjadikan tempat bekerja sebagai ladang pahala, sebagai tabungan di Akhirat nanti. Lakukan absensi online untuk membangun kesadaran secara baik dan  jujur, demi membangun rasa kebangsaan yang tinggi di Negeri ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SANG PENDOSA

AYAH, MALAIKAT TAK BERSAYAP

DUNIA, TAK SEINDAH KEMARIN