Mengubah Kebiasaan Suka Menulis


 

Hari ini genap 8 bulan saya mulai menggeluti kegiatan menulis. Kegiatan menulis memang diperlukan ketelitian, kesabaran,ketelatenan dalam mengasah kemampuan berpikir kritis untuk dituangkan dalam ide sebuah tulisan. Kebiasaan  menulis setiap hari yang selalu dilakukan dengan rasa percaya diri yang cukup tinggi, mengasah kemampuan berbahasa, mengolah kalimat dengan susunan yang baik serta mengambil tema-tema yang layak untuk ditulis, bukanlah perkara yang mudah. Latihan-latihan yang terus diupayakan, menjadi seorang “Penulis” yang karyanya dapat dinikmati orang banyak.

Mengubah kebiasaan suka menulis, perlu keyakinan yang tinggi, hingga mampu menulis dan mencapai kualitas tulisan yang bagus tanpa mengedepankan kuantitas tulisan. Alhamdulilah di RVL (Rumah Virus Literasi) berisi Penulis Profisional  dan handal yang setiap waktu bisa  membagikan ilmu menulis seperti Pak Khoiri, Pak Ngainun, Bu Kanjeng serta para penulis lainnya, menjadi   tokoh-tokoh yang menginspirasi saya, untuk maju bersama dalam mengembangkan ilmu menulis. Walau kemampuan saya masih belum seujung kuku para tokoh yang selalu menyemangati saya  dalam menulis. Ketika pekerjaan lagi menumpuk, postingan-postingan Pak Khori di status WA, seakan memberi pencerahan harapan untuk mendalami ilmu menulis. Bu Kanjeng yang tak habis-habisnya mendorong saya untuk suka menulis. Sampai saya merasa berdosa jika tidak memposting tulisan walau sehari saja.

Mengubah kebiasaan suka menulis, perlu ketegasan dalam mengambil sikap “lebih baik menulis dari pada ngobrol yang tidak perlu’. Ini terjadi, ketika teman-teman sekerja menyuruh saya bergabung untuk ngobrol, tapi saya tolak dengan sopan, karena menulis adalah kegiatan baik dan penting untuk dilakukan. Tak salah jika saya selalu duduk di barisan paling belakang dan mojok sendiri.

Mengubah kebiasaan suka menulis, telah mengubah dunia saya. Dulu untuk membaca buku-buku fiksi, saya paling anti melakukannya. Kini saya mempunyai beberapa buku, hasil menulis bersama kolaborasi dengan para penulis-penulis senusantara yang dididik langsung oleh Bu Kanjeng.  Karya menulis menjadi sebuah buku, menjadi kebanggan saya tersendiri, dan tak lagi merasa malu untuk menunjukkan kepada teman-teman kerja, bahwa ternyata saya mampu  menulis walau harus sering menimba ilmu dari para Penulis di RVL

 

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SANG PENDOSA

AYAH, MALAIKAT TAK BERSAYAP

SOTO PENGLARISAN